.breadcrumbs{ padding:5px 5px 5px 0; margin:0;font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:4px double #cadaef}

Rabu, 21 Oktober 2015

Lepas Pospak

Akhirnya perjuangan saya berhasil juga alkhamdulilah (berjuang apa nih?hihi). Sebenarnya dari Ginta umur 1,5 tahun saya sudah pengin melepas ketergantungan Ginta sama pospak (popok sekali pakai)/ pampers. Karna kurang telaten, kurang sabar dan kurang semuanya,,jadi ya Ginta bingung akhirnya balik lagi pakai pampers.

Budget buat pospak lumayan juga kalau dihitung perbulannya, memang ada solusi hemat sebagai pilihan dijaman sekarang ini yaitu dengan menjamurnya merk-merk clodi (cloth diapers). Tapi buat saya kayanya kurang dihati dan ga sreg saja, disamping harganya lebih mahal ginta juga ruam menggunakan clodi apa karna saya belinya yang biasa ya hihi..waktu bayi saja Ginta saya pakaikan clodi itu pun sesekali. Merk clodi yang Ginta punya Pempem, Pokado , dan bebibum dan 5 pcs clodi biasa yang tanpa merk.

Coba deh bun kalau mau hitung, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan pospak bayi kita dari lahir - 2 tahun. Ambil harga satuan pospak yang umumsbb:
 @Rp 3000 x 7 pcs/hari = Rp 21,000 x 30 hari = Rp 630,000/bulan
(saya hitung kasarnya saja yah ginta termasuk beser jadi pakai  pospaknya lumayan banyak perharinya, belum kalau misal lagi diare gt ,,,).

Sudah hampir mau dua minggu saya sedikit lega, dengan kerja keras dan komitmen yang tegas saya niatkan Ginta untuk bisa lepas pospak akhirnya tercapai juga. Awalnya sih pasti kerepotan, Ginta masih beser sana beser sini jadi ekstra bersih-bersihnya tapi lama kelamaan tiap mau pipis/pup dia pasti bilang ke saya, bapake, or mama tuanya biarpun bilangnya cm "pipis" itu untuk semua keinginan pipis/ pup setidaknya itu bisa buat komunikasi untuk mengerti keinginanya.

Ada pengalaman menarik dihari senin kemarin, saya ada keperluan kontrol diklinik dekat rumah tinggal. Diklinik Ginta bilang sama bapake "ayah ee..ayah ee" (ginta minta pup itu pertama kalinya dia bisa mengutarakan keinginan selain pipis) rasanya tuh seneng banget pas di toilet Ginta memang benar-benar pup. Staff dan pekerja klinik pun dibuat kagum olehnya..(ohh pinter banget udah bisa bilang ee, udah gak pakai pampers?). Rasanya saya bangga sekali hihi..

Kalau malam Ginta sudah mulai tidak saya pakaikan pospak juga, biarpun dipakaikan Ginta akan terbangun dan bilang pipis, terus saya angkat langsung buru-buru menuju toilet dengan terkantuk-kantuk dia pipis ditoilet. Ya Alloh rasanya bahagia sekali bisa mengajarkan hal-hal kecil demi kebaikannya.

Nah bagi bunda/mommy yang lagi berjuang juga untuk bisa seperti saya ada sedikit trik & tips semoga bisa membantu.

  1. Hal pertama yang saya lakukan kepada Ginta, ya mempraktekkan. Caranya dengan sering mengajak sikecil ke toilet ketika mau bak/bab (jadi sikecil tahu apa sih pipis/pup itu)
  2. Sering Mengecek dan mengingatkan,sambil cek celananya sikecil  "DD udah pipis belum? kalau mau pipis bilang ya dek"
  3. Telaten dan jangan malas! maksudnya jangan cepat menyerah apapun pasti butuh proses, jangan malas juga kalau misalnya sikecil masih pipis disembarang tempat.
  4. Beri selalu pujian ketika anak-anak kita melakukan hal baik sekecil apapun.
  5. Komitmen ini yang kayaknya perlu perjuangan keras, komitmen ga pakai pampers ya jangan dipakaikan lagi pampersnya, takutnya sikecil jadi bingung.
 
Nah cuma itu yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat, selalu ajarkan hal -

hal kecil yang bermanfaat ya bun... 



 
Ini foto Ginta hari pertama tidak pakai pospak

    Tidak ada komentar: