.breadcrumbs{ padding:5px 5px 5px 0; margin:0;font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:4px double #cadaef}

Selasa, 26 April 2016

Menikmati Fasilitas Rujukan BPJS Kesehatan Bagian 2

Membaca Judulnya jadi ingat film kesayangan Ginta Upin & Ipin Bagian 2 hehe,,,tulisan ini memang melanjutkan dari tulisan sebelumnya yang sempat kesal dengan pelayanan dokter dan perawat yang menangani saya 2 minggu yang lalu di RSUD Mampang. Sebenarnya saya diminta datang lagi kontrol di hari rabu tanggl 20 April 2016 tetapi berhubung terkendala cuaca minggu lalu yang hujan dan kebanjiran saya baru datang lagi hari ini 26 April 2016.

Sebelum saya meluncur lagi ke RSUD Mampang, kemarin saya ke klinik Pondok Karya lagi untuk ambil surat rujukan online yang sempat dimasalahkan minggu lalu, seperti ini loh yang dimaksud surat rujukan onlinenya.



Pas udah dapat surjuknya tadi pagi-pagi ketika biasanya saya masih bermain ria dengan ginta, hari ini saya sudah meluncur melawan kemacetan di mampang. Tahu sendiri mampang bagaimana macetnya kalau pagi, ternyata tidak sia-sia saya langsung dapat no antrian no 8 BPJS ke tempat pendaftaran, lalu saya diminta surat rujukan, fc KTP, fc kartu BPJS trus surat pengantar permintaaan cek lab yang minggu lalu dikasih Dr. Fransisca untuk cek gula Puasa 10 jam & 2 jam.

Saya sempat ditanya mau ditangani dengan Dr. Fransisca Noela Spog lagi atau Dr. Nurfikha Handayani Spog ? saya jawab siapa saja pak (padahal dalam hati gak mau Dr. Sisca lagi, dan untungnya hari ini yang dinas pagi Dr. Fika Alkhamdulilah). Tanpa menunggu lama seperti minggu lalu saya langsung diarahkan ke kasir lanjut ke lab yang dilantai 3.

Setibanya dilantai 3, tidak ada pasien satu pun kecuali saya. Saya pun langsung diarahkan masuk ke ruangan lab untuk pengambilan sample darah, sebelumnya saya memang diminta puasa 10 jam tidak boleh makan kecuali minum air putih, saya pun siap saja melakukannya padahal tadi pagi perut dan kepala sudah kliyengan (pusing). Pengambilan sample darahpun akhirnya cepat dilakukan kurang dari 5 menit (wow bingitss,,) Pengambilan sample darah pertama selesai, saya diperbolehkan makan dahulu kemudian dilanjut dengan puasa lagi 2 jam jam 10.30 saya diminta untuk pengambilan sample darah yang ke II.

Waktu masih menunjukkan pukul 08.10 wib, saya memutuskan berangkat  ke kantor terlebih dahulu sambil menunggu jam 10.30 wib. Pelayanan RS sampai sejauh ini masih baik mungkin karna masih pagi belum ada kesibukan yang berarti.

Ketika sudah mendekati jam 10.30 saya langsung ijin keluar kantor  meluncur lagi ke RSU Mampang lantai 3, tepat prediksi saya setibanya saya di lantai 3 saya langsung disuruh masuk untuk langsung pengambilan sample darah yang ke II. Sudah pada pernah kan pengambilan sample darah yang melalui jari? rasanya ya kaya ditusuk jarum (hahaha..) gak begitu sakit kok cuma sekali jepret alatnya. 

Pengecekan akhirnya selesai saya dinyatakan normal semua oleh mbak petugasnya yang ramah, seingat saya rinciannya glukosa puasa 78 mg/ltr apa yah(satuannya lupa), dan glukosa pp 131. Alkhamdulilah, saya cukup dag dig dug mengingat saya sama sekali belum pernah melakukan pengecekan gula darah atau sejenisnya. Saya pun dikasih 2 lembar hasil pengecekan hari ini lalu diarahkan ke lantai 2 ke poli kandungan.

Setibanya dilantai 2 saya dicek kembali untuk BB, suhu, tekanan darah saya alkhamdulilah semuanya normal, tak berlangsung lama saya pun dipanggil, didalam sudah ada Dr. Fika. Minggu lalu saya sempat melihat orangya manis berhijab, lemah lembut tutur katanya. Beliau juga sangat informatif dan ramah tidak seperti pengecekan sebelumnya yang agak kaku dan tegang suasananya, kali ini saya sangat nyaman. saya ditanya kep******* bagaimana? saya bilang sudah mendingan bu, Ibu perawat yang kemarin menangani saya mendampingi Dr. Sisca juga tidak banyak bicara. Pengecekan USG kali ini juga tidak setegang kemarin, dokternya bahkan menjelaskan hasilnya, posisi bayi, air ketuban dan posisi plasentanya semuanya bagus hanya saja alat kelaminnya lagi tidak terlihat dan saya insya Alloh bisa melahirkan normal lagi katanya. Pokoknya TOP BINGITSSS untuk Dr. Fika dokter seperti ini yang sebenarnya dibutuhkan indonesia penuh ketulusan dan keibuan.

Saya diminta datang 2 minggu lagi kecuali jika ada keluhan saya bisa datang kapan saja, ibu perawat sempat mengingatkan saya kalau datang pagi bu. Tapi saya dibelain sama Dr. Fika "Ibunya tadi ke lab dulu bu,,"ibu perawat hanya diam,(dalam hati dasar perawat hihi).

Seperti itulah kira-kira fasilitas dan pelayanan rujukan dari bpjs kesehatan yang saya rasakan, menurut saya:

  1. Tidak semua dokter/ tim medis akan memperlakukan buruk pasiennya, menurut saya itu tergantung dari karakter orangnya sendiri.
  2. Jangan langsung berkecil hati apalagi sampai menunda/tdk melanjutkan pengobatan yang sudah dijalankan dari awal ketika mendapatkan perlakuan yang tidak baik, saran saya mending minta ganti dengan dokter lain yang menanganinya.
  3. Jika ingin berobat/sekedar kontrol dengan menggunakan BPJS kesehatan sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya, dengan berusaha datang secepat/sepagi mungkin, mempersiapkan dokumen yang diperlukan (fc ktp, kartu bpjs,surat rujukan bahkan ada yang meminta fc kartu keluarga) dan jangan lupa bawa minum/makanan dari rumah. Ini berguna mengingat pelayanan umum memakan waktu yang lama.
Sekian, Semoga bermanfaat & mohon doanya untuk proses persalinan saya nantinya smoga diberi kelancaran, amin.

Tidak ada komentar: